Mengenali Stroke

Seorang teman mengirimi saya broadcast message ini. And as you already know, saya jarang sekali broadcast message. Tapi karena info ini berguna, saya share di sini ya. Sumber dan kebenaran info saya gak jamin ya  

‎RECOGNISING A STROKE

Sewaktu pesta barbeque, seorang teman terjatuh – dia meyakinkan semua orang bhw dia tidak apa² (mereka menawarkan memanggil dokter) dan hanya tersandung batu bata karena sepatu barunya.
Mereka membantunya membersihkan diri dan mengambilkan piring makanan baru.. meskipun terlihat sedikit terguncang, Ingrid meneruskan menikmati sore itu. Malamnya, suami Ingrid menelpon memberitahukan semua orang bahwa istrinya telah dibawa ke rumah sakit (pukul 6 sore, Ingrid meninggal). Dia mendapat serangan stroke pada pesta barbeque.

Hanya membutuhkan satu menit untuk membaca ini-Seorang ahli syaraf mengatakan bahwa kalau dia bisa menolong seorang korban stroke dalam waktu 3 jam sejak serangan tersebut (golden periode), dia bisa membalikkan pengaruh stroke…. secara total! Triknya adalah mengenali dan mendiagnosa stroke dalam waktu 3 jam sejak serangan, yang sebenarnya bukan merupakan hal yang sulit.

MENGENALI STROKE

Baca dan pelajarilah!
Kadang² gejala stroke sulit dikenali. Kurangnya kewaspadaan dapat mendatangkan bencana. Korban stroke dapat menderita kerusakan otak sewaktu orang² yang ada di sekitarnya pada saat kejadian, gagal mengenali
gejala² stroke.

Sekarang banyak dokter mengatakan bahwa orang di sekitar korban dapat mengenali gejala stroke dengan menanyakan tiga pertanyaan sederhana ini :

1.Minta orang tersebut untuk TERSENYUM
2.Minta orang tersebut untuk MENGANGKAT KEDUA TANGANNYA
3. Minta orang tersebut untuk MENGUCAPKAN SEBUAH KALIMAT SEDERHANA (yang masuk akal)
contoh: “Hari ini cerah.” Blablabla….

Bila org tsb tidak bisa melakukan apa yg kita minta diatas atau salah satunya segera bawa ke Rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan selanjutnya.


Di post di wordpress, 18 September 2010

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: