...kkn oh kkn...

Kkn oh kkn

It’s been a loonnnnggggg time since my last post.
Gak ngeblog sekian lama bukan hanya disebabkan aku bermasalah lagi dengan charger laptopku, tapi juga karna saya lagi KKN . yup!! Kuliah Kerja Nyata. Banyak banget yang heran knapa kok baru semester 5 udah bisa KKN, give me time to explain it.

Seharusnya emang program KKN dikhususkan untuk mahasiswa semester 7 dengan jumlah sks tertentu. Tapiii,, di fakultas ekonomiku tercinta KKN bisa diambil mahasiswa semester 5 asal udah nempuh pra kkn dan kuotanya masih mencukupi.

Now please let me share the story.

Program KKN yang aku ikuti kali ini namanya Kuliah Kerja Nyata Belajar Bersama Masyarakat ke 39 (KKN BBM ke 39). Yang kita ikuti di Kelurahan Dupak Kecamatan Krembangan Surabaya. Kelompokku ada 38 orang dari semua fakultas di Unair kecuali kedokteran, farmasi, kedokteran gigi dan hukum. Kelompok besar ini dibagi lagi jadi 4 kelompok kecil, yang kita sebut divisi. Ada divisi pendidikan (I’m in) , lingkungan, kesehatan dan social entrepreneur.

Rasanya gak salah kalo nama KKNnya Belajar Bersama Masyarakat. Karna emang aku belajar banyaaaaakkkk banget di sini. Beberapa diantaranya adalah :

Belajar How to work on team and on time
Menggabungkan 38 pikiran dalam 1 kelompok dan 9 orang dalam 1 divisi itu asli susah banget. Di KKN ini aku belajar gimana caranya bekerja dalam 1 tim. Gimana caranya mengeluarkan pendapat, menerima kritikan dan saran, meredam emosi supaya semua program yang kita kerjakan berjalan dengan lancar. Dan yang terpenting adalah kekompakan, karna kalo kitanya aja gak kompak pasti akan pengaruh banget ke program kita. Hmm, tanpa mau bersikap narsis tapi aku akui kalo divisiku itu kompakkkk banget. Program kita puji Tuhan selama ini lancar, dan apapun yang kita lakukan kita lakukan bareng. Datang telat bareng ;) , pulang cepat bareng, nyari makan siang bareng, main kartu bareng, ngerumpi bareng dan apalagi soal foto-foto. Kita semua banci foto,, gak bisa banget liat kamera nganggur.
Di KKN ini aku juga belajar gimana caranya ngatur waktu biar program kita lancar. Kapan harus survey, kapan harus ngurus surat ijin, kapan harus memulai dan menyelesaikan program. Dan itu semua gak gampang, banyakkkk banget tantangannya. Mulai dari rasa malas, halangan dari luar sampe yang terbesar adalah HUJAN.. asli hujan ini benar-benar jadi hambatan terbesar.

Belajar caranya menjaga badan biar gampang sakit
Rata-rata aku berangkat dari kos sekitar jam 8 pagi dan baru pulang jam 4 ato jam 5. Perjalanan ke sana sekitar 15-30 menit, ditambah banyaknya asap dari motor dan truk-truk besar. Selain itu almost everyday aku kehujanan, entah itu perginya, pulangnya atau both of them. Bener-bener kalo gak kuat jaga badan bisa tepar en sakit. Awal-awalnya sih aku minum redoxon tiap pagi, tapi lama-lama malas dan puji Tuhan badanku udah mulai terbiasa.

Belajar gimana caranya berkomunikasi dengan anak kecil
Program divisiku itu ikut ngajar di PAUD yang rata2 usia anaknya 2-3 tahun. Selain itu juga ngasi try out dan pembahasan u/ kelas 6 SD. Kalo di PAUD, awal-awalnya sih mereka masih diam-diam aja, masih malu-malu. Tapi karna udah terbiasa ada kita, ato emang muka kita yang imut-imut jadi mereka udah sangat welcome ke kita. Kalo ketemu kita udah langsung salam, atau manggil “Bunda/Kakak”. Menyenangkan ada di dekat mereka, bisa buat kita awet muda karna senyum terus. ;)
Lain ceritanya kalo ngajar SD, anak-anaknya udah pada kritis, ribut dan terkadang gak sopan. Kita ngajar di depan, mereka kadang ribut sendiri gak memperhatikan. Tapi itu hanya sebagian, sebagian lagi welcome banget. Ramah banget sama kita, ada juga yang godain sambil malu-malu gitu, bahkan juga mau diajak foto-foto ma kita.

Belajar berkomunikasi dengan orang tua
Kedengarannya simple, tapi ternyata prakteknya susah banget. Apalagi kalo udah pake bahasa jawa, I give up. Aku emang gak lahir di Jawa, tapi aku dibesarkan dengan cara Jawa. Dan at least aku ngerti lah bahasa Jawa dikit-dikit. Tapi,, ini pake bahasa Jawa halus. Ow o wow. Saya menyerah. Mana kebanyakan kita emang berurusan dengan mereka, mulai dari ketua-ketua RW, ketua-ketua RT, guru-guru SD dan yang lain-lain.


Tapiiii,, semua itu menyenangkan banget. Walaupun capek, tapi worth it. Jadi punya banyak cerita ntar klo dah masuk kuliah. Hehehe. Emang masih 1 stengah minggu lagi sih. Semoga semuanya berjalan lancar yah.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: