...lebaran yang berbeda...

kalo cerita tentang liburan lebaran ke mana aja mungkin dah bosen kali yah. kalo gitu mau cerita tentang suasana lebaran kali ini aja gimana?? tapi ini menurut kacamata saya loh.

ini lebaran pertama *en mudah-mudahan yg terakhir* gak sama-sama my lovely mom en dad. walaupun gak merayakan lebaran tapi selalu aja ada acara tetap di waktu lebaran. karna dari keluarga mama separuh Islam dan separuh lagi Katolik, jadi tiap lebaran saya slalu sungkem ke mbah putri [yes, mbah kangkung dah meninggal spuluh tahun yang lalu].

ini lebaran ketiga yang saya jalani sbagai anak kos, 2 lebaran sebelumnya tuh slalu pulang ke balikpapan. tapi karna satu en lain hal taun ini gak pulang pas lebaran, rencanya sih Christmas ini pulangnya. doain jadi yah, karna kayaknya pas UAS tuh.

libur lebaran kali ini dihabiskan di malang, bareng adek en kakak juga sih. trus pas hari H nya, ke rumah budeku yang lebaran di singosari. dan saya ngerasa suasana yang totally different. yang membuat saya makin kangen rumah.

dari berita, pengamatan, en cerita teman saya kok ngerasa lebaran mereka aneh yah. coba liat ajah di TV-TV, tempat wisata penuh, mall rame, dll. menurut saya kok yah lebaran dihabiskan buat kayak gitu-gitu yah? dari dulu jadwal lebaran saya selalu full, harus sungkem ke mbah, ke rumah saudara, ke rumah tetangga, ke rumah teman.

bahkan di kotaku, lebaran en natalan bisa jadi lebih banyak harinya. bisa sampai lebaran hari ke 5 atau natalan hari ke 3. pokoknya waktu serasa kurang deh buat berkunjung. biasanya kita dah buat jadwal, hari pertama ke rumah mbah, saudara en boss-boss. hari kedua ke rumah teman papa en mama saya, hari ketiga kita-kita dah bebas mau ke rumah teman masing-masing, hari ke 4 n ke 5 ke rumah tetangga en teman yang belum sempat dikunjungi. bahkan bisa lebaran jadi seminggu.

tapi di sini?? lebaran hari kedua ajah dah pada ke waterboom, taman safari, kebun binatang, jatim park, dufan dll lah. lah yang saya bingung, kapan berkunjung ke orang yang lebaran yah?? trus saya juga menjumpai beberapa keluarga yang gak open house pada saat lebaran or natalan. buat saya sih aneh en gak biasa, karna bukannya itu justru saat-saat kita berbagi kebahagiaan, merayakan kemenangan.

ini nih yang paling penting =p, dari hasil wawancara saya dengan banyak pihak. di sini tuh gak umum yah menyediakan makanan besar untuk para tamu, paling banter yah kue kering en minuman. opor ayam, ketupat, sambal goreng dll nya disimpan buat saudara ajah. kalo di balikpapan sih, yang saya tahu kue kering tuh justru kurang laku. disediain hanya untuk pemanis ajah, karna stiap rumah biasanya menyiapkan santapan buat para tamu, even itu temen, saudara or tetangga.

menu natalan en lebaran di sini gak jauh beda, opor ayam dkk, bakso, soto (dari soto jawa, soto banjar, sampe soto makasar ada), sate, martabak India, pempek. jenis makanan juga tergantung dari asal daerah mereka. OT dikit niy, di balikpapan itu ada banyak skali suku. ada warga asli seperti dayak, ada cina, madura, menado, batak, makasar, bugis, jawa, dll. en semuanya tuh hidup berdampingan dengan rukun tanpa ada yang membeda-bedakan.

beda dengan di sini [fiuh, lagi-lagi saya membanding-bandingkan]. sering banget saya dengar omongan-omongan yang membedakan seorang melalui sukunya. “ya iyalah kaya, orang cina”, “awas, madura orangnya mengerikan”, “dia lo orang batak”. terus kenapa kalo sukunya beda? ada yang salah? bukannya perbedaan justru indah yah

kembali ke topik, skarang tentang lama kunjungan. saya liat di rumah bude saya itu tetangga2 berkunjung tuh sebentar banget bahkan ada yang cuma salaman terus pulang. paling banter 10 menitan lah. keluarga saya biarpun berkunjung ke tetangga sebelah rumah itu minimal 20 menitan lah. tapi biasanya stengah-1 jam tergantung kedekatan dengan mereka.

lebaran kali ini?? amat sangat tidak berkesan. semoga lebaran tahun depan bisa pulang ke rumah. syukur-syukur kalo dah lulus. amien...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: